» » » » Cara Membuat Ikan Bakar Parape Makasar

Suami tercinta bilang, "sesekali coba kita makan besar dengan ikan bakar, seru mungkin ya", pasti ada saja yang diinginkan kalau masalah masakan. Mungkin saja karena bosan dengan itik panggang yang biasanya sering diminta, jadi kali ini kita coba masak ikan bakar parape saja.

Masakan seperti ini sebenarnya sedikit rumit bagi saya, pasalnya terkadang harus sibuk sendiri dan lelah sendiri. Tapi tenang, semua lelah akan hilang seketika ketika melihat orang - orang terkasih menyantap dengan lahap hidangan yang kita buat, bagaimana dengan anda?

Ingin mencoba seperti itu dengan beberapa resep pengganti menu gurame bakar yang sudah sering disajikan? Yuk kita coba dengan panduan lengkap untuk Resep Ikan Bakar Parape Makasar kali ini.

Masakan khas daerah Makasar ini, sesuai dengan namanya adalah resep ikan bakar dimana jenis ikan yang digunakan adalah beberapa jenis ikan laut seperti ikan kerapu atau kakap. Ya tinggal di sesuaikan saja sih sebenarnya.

Selain dua jenis ikan tersebut tentu bisa juga menggunakan ikan laut lain yang disukai. Untuk membuatnya tidak sulit, tinggal di bakar saja langsung santap, he e e e...tentu dengan cara dan bumbu yang sesuai.

A. Bahan dan Bumbu Ikan Bakar Parape

Untuk bahan kita menggunakan ikan kerapu atau ikan kakap atau jika tidak ada bisa menggunakan jenis ikan lain. Untuk resep ini coba menggunakan ikan tersebut saja agar rasanya bisa lebih khas Makasar. Bahan dan bumbu lain silahkan disiapkan langsung seperti pada daftar berikut.

Bahan Dasar
1 Ekor Ikan Laut seperti Kerapu, Kakap dll

Ikan Laut Kerapu

Bahan Bumbu 
10 siung bawang merah
½ sdt merica bubuk
2 sdm kecap manis
1 asam jawa, ambil airnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bumbunya tidak banyak kok. Hanya bawang merah, merica dan garam. Selain itu kita juga menggunakan kecap manis dan asam. Silahkan disiapkan sesuai pada daftar yang sudah diberikan di atas ya.

B. Cara Membuat Ikan Bakar Parape Makasar

Kalau di awal tadi saya mengatakan mudah, tinggal bakar saja itu bercanda, akan lebih baik diikuti menggunakan langkah yang ada pada panduan resep ini. Sebenarnya intinya memang seperti itu, untuk membuat menu ikan bakar parape kita tinggal menyaiapkan bumbu dan membakar ikannya. Supaya lebih jelas bisa mengikuti langkah sebagai berikut.
  1. Tumis bawang merah, lalu tumbuk bawang merah sampai keluar air. Sisihkan airnya.
  2. Tumbukan bawang merah ditumis dengan sedikit minyak goreng, sampai harum. Bisa juga dengan cara menyiramkan minyak goreng mendidih ke atas tumbukan bawang merah.
  3. Masukkan air bawang merah, air asam, kecap manis, gula, garam, dan merica sampai tercampur. Tumis sampai mendidih.
  4. Bakar lah Ikan, Sambil membakar siramkan saus kental ini ke atas ikan bakar. Bumbu parape juga bisa dipakai untuk ikan goreng maupun ikan kukus.
Menu seperti ini tentu bisa menjadi alternatif kita untuk menggantikan beberapa menu yang terlalu sering disajikan seperti misalnya menu ayam bakar. Dengan mengatur berbagai menu yang disajikan kita bisa memastikan bahwa setiap sajian akan terus dan terus terasa nikmat di lidah seluruh anggota keluarga di rumah.


Jangan lupa, setelah anda mencoba resep tersebut silahkan coba masak juga beberapa menu pilihan lain di bagian bawah. Tersedia berbagai jenis resep ikan bakar yang enak dan lezat. Tinggal pilih saja yang mau dimasak. Selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post