» » » » Resep Sayur Jukut Kacang Panjang Santen Khas Bali

Kalau sudah bosan dengan resep sayur tumis kacang panjang ada satu yang dapat dicoba yaitu resep sayur jukut kacang panjang santen. Masakan khas Bali ini menggunakan kacang panjang dan campuran tauge, bagaimana cara membuat menu sehat ini?

Masakan ini merupakan masakan dengan bahan dasar kacang panjang yang cukup banyak di gemari baik dari kalangan masyarakat di daerahnya maupun dari daerah lain. Pasalnya masakan ini memiliki cita rasa yang cukup istimewa. 

Masakan jukut kacang panjang santen merupakan salah satu menu sayur yang juga terkenal. Sebelumnya kita juga telah mencoba telur masak base genap dan berbagai menu lain yang tak kalah menggoda dari resep sayur dari daerah lainnya. Untuk membuat masakan ini tidak sulit dan hampir sama saja dengan proses memasak sayur santan lain. 

Yang sedikit berbeda tentu dari bahan dan bumbu yang digunakan karena komposisi dan takarannya yang tentu saja berbeda.

Penasaran dengan masakan yang satu ini, tidak usah susah-susah pergi dari rumah kita bisa menyiapkan sendiri masakan ini dengan panduan resep sayur jukut kacang panjang yang akan di berikan disini secara lengkap.

A. Bahan Jukut Kacang Panjang Santen Khas Bali

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sesuai dengan namanya tentu saja masakan ini menggunakan bahan dasar kacang panjang. Selain itu ada bahan-bahan lain juga yang dapat kita siapkan sebagai berikut.

Bahan Dasar
  • 250 g kacang panjang, potong-potong
  • 150 g tauge, bersihkan
  • 150 ml santan kental
Bahan Bumbu
  • 2 sdm air jeruk limau
  • 1 sdt garam halus
  • 4 buah cabe rawit, iris halus
  • 1 sdm bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 3 siung bawang merah, iris halus
  • 3 cm kencur, haluskan
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm minyak panas

Terlihat sedikit berbeda dengan menu santan lain mungkin, disini kita menggunakan bumbu air jeruk limau dengan bawang goreng yang dihaluskan. Dari pada penasaran lebih baik kita lihat terlebih dahulu bagaimana proses memasak masakan istimewa tersebut.

    B. Cara Membuat dan Memasak Sayur Jukut Kacang Panjang Santen

    Proses memasak sayur ini sangatlah sederhana, mudah dan tidak perlu pusing tentunya. Setelah semua bahan dan bumbu tersedia, pertama-tama kita dapat langsung merebus tauge dan kacang panjang hingga matang lalu angkat dan tiriskan.

    Setelah itu langsung kita masukkan semua bumbu-bumbu di dalam santan, kemudian aduk rata. Selanjutnya, panaskan sambil terus di aduk hingga panas namun belum mendidih dan angkat.

    Campur santan panas dengan minyak panas dan sayuran. Aduk rata. Sajikan sebagai pelengkap bebek goreng atau ayam goreng.

    Selesai dan mudah kan? Kalau sayur sudah matang dan siap disajikan sekarang kita tinggal menyiapkan menu lain. 

    Bahan Dasar Kacang Panjang

    Semoga dengan adanya tambahan dari menu ini yaitu Resep Sayur Jukut Kacang Panjang Santen ini bisa menjadi referensi bagi kita untuk mendapatkan ide sajian istimewa di rumah. Jangan lupa untuk mencoba beberapa jenis masakan lain yang tak kalah istimewa dari yang itu. Sampai disini, selamat mencoba.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post